Resep Ayam Kung Pao yang Menggoda Selera

DSC_0210

Yeaaay, Ayam Kung Pao menggoda selera 🙂

Pertama kali mencobai rasa kung pao chicken ini pas makan di restoran Malaysia “Rumours” seusai ujian viva studi PhD saya. Kalau kalian ke Glasgow trus cari tempat makan yang rasanya mirip rasa Indonesia, Rumours ini lumayan recommended, enak banget soalnya-dan juga halal. Nah, setelah mencoba ayam kung pao dan keenakan sampai tandas ke saus-sausnya hihi 😀 saya akhirnya hunting resep kung pao chicken ini.

Masakan Ayam Kung Pao ini merupakan masakan tradisional Cina, tepatnya dari provinsi Szechuan. Rasanya ada manis, asam, asin, gurih..bikin nagih deh. Yuk, segera kita eksekusi resep ayam kung pao ini.

A. Bahan.

-350 gr fillet ayam, dipotong kecil kecil sekitar 3×3 cm ditambah 1 sendok kecap asin, 1/2 sdt merica bubuk, 2 sendok tepung maizena. Campur rata kemudian diamkan dalam kulkas sekitar 30 menit. Kemudian digoreng sampai berwarna keemasan.

-Paprika merah/hijau sesuai selera dipotong kotak kecil-kecil

-3-4 sendok kacang mete, atau kalau tidak ada bisa menggunakan kacang tanah yang digoreng hingga matang

-Bawang bombang dan bawang putih iris tipis

– 2-3 Cabai merah iris tipis (tingkat kepedasan sesuai selera)-atau bisa pakai bubuk cabaa

-Irisan daun bawang

-Bahan saus kung pao  : campur 1 sendok saus tiram + 1 sendok kecap asin +2 sendok saus tomat +3 sendok saus cabai+2 sendok gula merah sisir+ sedikit garam, gula, merica+air perasan jeruk nipis. (–> kalau ada bahan nggak ada skip saja ehehe tetep enak kok, tapi makin lengkap sih makin enak :D)

B. Cara membuat

1. Tumis bawang bombay, bawang putih kemudian masukin irisan cabai.

2. Masukan campuran saus kung pao-nya, kemudian masukan potongan paprika, potongan ayam yang sudah digoreng, aduk aduk

3. Masukan kacang mete,dan irisan daun bawang

4. Koreksi rasa dengan garam atau gula, dan sajikaaan…

Dijamin deh ini resep rasa restaurant yang bisa kita ciptakan sendiri di dapur. Kalau di rumours, harga sepiring ayam kung pao ini seharga 9.5 pounds per porsi (kalau di rupiah-kan hampir 200ribu) *yaiyalaaah lah dirupiahin hihih..sekarang tak perlu lagi ke restaurant untuk mencobai menu yang lezat ini. Cocok untuk variasi menu ayam, dan pas dimasak untuk saat-saat istimewa, Selamat mencoba 🙂

Salam kreasi, si tukang masak

Siwi Wijayanti

 

Tinggalkan komentar