Tiramisu Mouse anti gagal, selesai dalam 30 menit saja!

DSC_0177

Tiramisu mouse yang lumer di mulut ๐Ÿ™‚

Tiramisu, sajian dessert super nikmat ini dulu saya pikir susah lho untuk membuatnya. Selain susah, saya pikir juga mahal bahan-bahan untuk membuatnya. Stigma sajian mewah dan mahal juga nempel bagi si tiramisu ini. Namun ternyata..mudah sekali lho membuatnya, dan juga bahan-bahannya sangat terjangkau. Tiramisu mouse ini sajian andalan serta favorit saya untuk dessert. Soalnya gampang dan anti gagal.

Tiramisu ini merupakan sajian khas Italia, yang arti katanya yakni “cheer me up” atau “lift me up”. Cocok ya namanya sesuai dengan makanannya, pas untuk mood booster. Sejarahnya, resep tiramisu ini diciptakan sekitar tahun 1960 di daerah Veneto, Italia. Katanya sih pertama kali dibuat oleh Robeto Linguanotto dan Francesca Valori.

Resep tiramisu kalau kalian browsing, pasti ada banyaaaaak sekali variasinya. Rasanya juga sedikit berbeda-beda. Kadang-kadang ada rasa tiramisu yang agak tidak sreg di lidah saya, rada sedikit pahit dan eneg. Karena ada yang pakai telur dan juga bahan-bahan lain. Selain classic tiramisu, menu ini juga banyak divariasikan dengan berbagai resep. Untuk resep kali ini adalah classic tiramisu. So far, sangat cocok di lidah saya. Rasa cream dan kopinya berpadu lembut di mulut. Yuk langsung saja kita tengok saya membuatnya.

Bahan :

  1. 250gr mascarpone (apaan inih? dulu pas saya dikasih resep ini sungguh nggak ngerti mascarpone ini hihi. Mascarpone ini italian cheese yang dibuat dari cream. Biasanya kalau di sini gampang ditemukan di bagian keju-kejuan. jangan lupa pilih yang suitable for vegetarian ya biar aman halalnya)
  2. 50 gr gula halus
  3. 250 whipping cream (kalau sedang nggak ada, saya sering pakai double cream-dan rasanya sama enaknya kok)
  4. 1 sdt essence vanila
  5. 2 sendok kopi instan+1 sendok gula pasir yang dilarutkan dalam 150 air hangat.
  6. Biskuit sponge finger atau bisa juga dengan sponge cake.
  7. Topping : coklat bubuk, strawberry, coklat praline
DSC_0261

Mascarpone dan biskuit sponge fingers

Cara membuat :

  1. Kocok manual mascarpone sebentar sampai lembut, sisihkan
  2. Kocok whipping/double cream dengan gula halus sampai mengembang dan kaku. Tambahkan vanila dan 3 sendok larutan kopi
  3. Kemudian campur adonan whipping/double cream di atas dengan mascarponenya, dan aduk sampai rata
  4. Siapkan pyrex/loyang bongkar pasang ataupun bisa pakai loyang/mangkuk lonjong seperti gambar saya di atas. kemudian celupkan biskuit sponge finger ke larutan kopi, tata di pinggan, lalu masukkan campuran adonan, tata kembali biskuit sponge fingernya, lalu tambahkan kembali adonannya. kalau saya sih sering saya patah patahkan sponge fingernya dengan sendok setelah bercampur dengan adonan, sehingga biskuit dan adonannya bercampur. Lebih nyus di lidah.
  5. Bisa juga biskuit sponge fingernya ditata disepanjang loyang pyrex. Variasi tergantung kreasi kalian pokoknya
  6. Topping juga bisa bermacam-macam, bisa cukup taburkan coklat bubuk seperti gambar di atas, bisa dengan potongan strawberry atau dengan coklat praline.
  7. Masukkan ke dalam kulkas sekitar 2-3 jam, dan siap kapanpun disantap.
10644319_10204222340216809_119899400851880716_o

Ini Tiramisu yang pernah saya buat dengan topping strawberry

Gampang banget kan buatnya? paling sekitar 30 menitan untuk membuatnya, cuma campur-campur doang dan rasanya super istimewa. Cocok dibuat untuk saat saat istimewa ataupun untuk sajian akhir pekan keluarga tercinta.

Selamat mencoba

Salam kreasi

Siwi Mars

 

Iklan

Resep Ayam Kung Pao yang Menggoda Selera

DSC_0210

Yeaaay, Ayam Kung Pao menggoda selera ๐Ÿ™‚

Pertama kali mencobai rasa kung pao chicken ini pas makan di restoran Malaysia “Rumours” seusai ujian viva studi PhD saya. Kalau kalian ke Glasgow trus cari tempat makan yang rasanya mirip rasa Indonesia, Rumours ini lumayan recommended, enak banget soalnya-dan juga halal. Nah, setelah mencoba ayam kung pao dan keenakan sampai tandas ke saus-sausnya hihi ๐Ÿ˜€ saya akhirnya hunting resep kung pao chicken ini.

Masakan Ayam Kung Pao ini merupakan masakan tradisional Cina, tepatnya dari provinsi Szechuan. Rasanya ada manis, asam, asin, gurih..bikin nagih deh. Yuk, segera kita eksekusi resep ayam kung pao ini.

A. Bahan.

-350 gr fillet ayam, dipotong kecil kecil sekitar 3×3 cm ditambah 1 sendok kecap asin, 1/2 sdt merica bubuk, 2 sendok tepung maizena. Campur rata kemudian diamkan dalam kulkas sekitar 30 menit. Kemudian digoreng sampai berwarna keemasan.

-Paprika merah/hijau sesuai selera dipotong kotak kecil-kecil

-3-4 sendok kacang mete, atau kalau tidak ada bisa menggunakan kacang tanah yang digoreng hingga matang

-Bawang bombang dan bawang putih iris tipis

– 2-3 Cabai merah iris tipis (tingkat kepedasan sesuai selera)-atau bisa pakai bubuk cabaa

-Irisan daun bawang

-Bahan saus kung paoย  : campur 1 sendok saus tiram + 1 sendok kecap asin +2 sendok saus tomat +3 sendok saus cabai+2 sendok gula merah sisir+ sedikit garam, gula, merica+air perasan jeruk nipis. (–> kalau ada bahan nggak ada skip saja ehehe tetep enak kok, tapi makin lengkap sih makin enak :D)

B. Cara membuat

1. Tumis bawang bombay, bawang putih kemudian masukin irisan cabai.

2. Masukan campuran saus kung pao-nya, kemudian masukan potongan paprika, potongan ayam yang sudah digoreng, aduk aduk

3. Masukan kacang mete,dan irisan daun bawang

4. Koreksi rasa dengan garam atau gula, dan sajikaaan…

Dijamin deh ini resep rasa restaurant yang bisa kita ciptakan sendiri di dapur. Kalau di rumours, harga sepiring ayam kung pao ini seharga 9.5 pounds per porsi (kalau di rupiah-kan hampir 200ribu) *yaiyalaaah lah dirupiahin hihih..sekarang tak perlu lagi ke restaurant untuk mencobai menu yang lezat ini. Cocok untuk variasi menu ayam, dan pas dimasak untuk saat-saat istimewa, Selamat mencoba ๐Ÿ™‚

Salam kreasi, si tukang masak

Siwi Wijayanti

ย 

Membuat Homemade Pizza

DSC_0208

Voila! pizza sudah siap disantap *ini setengahnya udah ludes dilahap si pengunyah di sebelah ๐Ÿ˜€

 

Cuaca di Glasgow sudah makin tak menentu memasuki akhir Bulan November. Suhu udara makin brrrr…lalu hujan turun tiada hentinya. Kadang-kadang jadi males untuk ke luar rumah.

Nah, hari ini karena males kemana-mana, saya iseng bikin pizza. Saya dulu sempet mengira kalau bikin pizza itu ribet dan susah, ternyataaa…gampang lho! Seingat saya dulu di Indonesia untuk makan pizza, saya harus merogoh kocek yang lumayan untuk membeli pizza di Pizza Hut atau gerai sejenis. Kalau di Glasgow, harga pizza relatif standar..tapi susahnya nggak bisa beli yang ada dagingnya karena jelas nggak halal, paling-paling mentok beli yang original. Sekarang setelah nyobain membuat pizza sendiri, bebas deh kasih toping macam-macam, karena bisa dikasih toping sosis, salami ataupun daging halal yeaay. Tertarik mencobanya? gampang kok. Berikut resepnya :

A. Bahan

a. 145gr Tepung terigu

b. 100ml air

c. sedikit garam

d. 1/2 sdt ragi instan

e. Saus tomat

f. Bahan topping : irisan bawang bombay, parutan keju jamur, sosis, salami, pipilan jagung, paprika ataupun apapun sesuai bahan yang ada atau sesuai kreasi masing-masing.

B. Cara Membuat

  1. Siapkan wadah, lalu campurkan tepung, air, garam dan ragi instans, kemudian uleni sekitar 10-15 menit sampai kalis.
  2. Kemudian bulatkan adonan, tambahkan sedikit olive oil (beberapa tetes saja) ke atas adonan kemudian sapukan ke seluruh permukaan adonan. Lalu diamkan adonan sekitar 1 jam. Tutupi wadah dengan handuk basah hangat.
  3. Setelah 1 jam, pipihkan adonan menjadi bentuk bundaran tipis di baking tray yang sudah diolesi olive oil sedikit biar nggak lengket. Tebal tipisnya tergantung selera (Kalau saya suka yang tipis, jadinya masih terasa crispy). Kemudian diamkan beberapa saat (10-15menit).
  4. Kemudian tambahkan permukaannya dengan saus tomat lalu hias dengan toping sesuai selera.
  5. Kemudian panggang pada oven sekitar 200 derajat C sekitar 10 menit (sampai matang ditandai dengan pinggir pizza berwarna kecoklatan).

Yeaah jadi deh homemade pizza-nya, ternyata gampang banget bukan? Jadi, tunggu apa lagi..hayuk bikin hidangan buatan sendiri untuk orang-orang tercinta.

 

Salam kreasi dari Glasgow di tengah musim dingin

 

 

 

Resep Perkedel Jagung Enak

DSC_0007

Hujan sedang turun lumayan deras di Glasgow Walaupun sudah memasuki musim semi, namun hujan tetap seringkali turun. Humm enaknya makan yang anget-anget nih, makan apa ya?

Kadang-kadang bingung memvariasikan menu masakan, biar nggak sama tiap hari. Masalahnya saya ini bosenan banget soal makanan, agak susah nafsu makan. Maka mensiasatinya saya suka bikin macam-macam masakan yang bervariasi biar nggak bosen.

Untuk macam-macam perkedel, memang favorit utama saya masihlah perkedel kentang. Kalau bikin perkedel kentang tuh rasanya selalu saja membawa kenangan saya pada Almarhumah nenek saya yang suka banget kalau saya masak perkedel kentang untuk beliau. Pokoknya maunya cuma perkedel kentang bikinan saya.

Nah, untuk membuat variasi perkedel, biar nggak terus-terusan biki perkedel kentang terus, saya suka perkedel jagung ini. Dasarnya saya penggemar jagung sih, jadi dibikin apa saja suka. Saya mencoba beberapa resep perkedel jagung ini, ada yang bikinnya jagung utuh pipilan gitu, dan ada juga yang dihaluskan. Saya sih lebih suka kalau jagungnya dihaluskan karena rasa jagungnya lebih terasa, lebih menyatu rasa perkedelnya dibandingkan kalau jagung utuh pipilan. Kalau jagung utuh pipilan, di mulut masih terasa beda antara jagung dan terigunya. Tapi kalau jagungnya dihaluskan, nyummmm…rasanya setiap gigitan rasa jagungnya menggoda lidah.

Langsung saja yuk ke resepnya :

Bahan :

  1. 500 gr Jagung manis pipilan
  2. 3 batang irisan daun bawang (boleh juga ditambah seledri)
  3. 2 buah telur
  4. 7 sendok tepung terigu
  5. 4 sendok tepung maizena
  6. 2 bawang putih
  7. Garam, ketumbar. lada secukupnya dan sedikit gula

Cara membuat

  1. Kukus sebentar jagung pipilan, kemudian haluskan. Saya menggunakan food processor untuk menghaluskannya. Keunggulannya tidak perlu tambahan air untuk menghaluskan, sedangkan kalau menghaluskan dengan blender upayakan dengan penambahan air sesedikit mungkin. Atau bisa juga dihaluskan dengan ulekan sedikit demi sedikit.
  2. Peras airnya. Nah biasanya saya membuat perkedel jagung ini dari sisa perasan air untuk membuat puding jagung hehe. Jadi air perasannya untuk puding jagung, sedangkan serat kasar jagungnya untuk dibuat perkedel jagung. Terpakai semuanya, hemat dan tambah bervariasi makanannya. Taruh jagung yang sudah diperas ke dalam wadah.
  3. Haluskan garam, bawang putih, ketumbar, lada, sedikit gula lalu masukkan ke dalam wadah yang berisi jagung. Gunakan penyedap/kaldu bila suka (opsional)
  4. Tambahkan irisan daun bawang.
  5. Tambahkan tepung terigu, maizena dan telur lalu aduk hingga merata. Tambahkan air bila perlu. Kemudian koreksi rasa.
  6. Goreng adonan dengan bentuk menyerupai perkedel sampai kekuningan (matang)

Dan tadaaaa..jadilah perkedel jagung kita. Enak banget nih dimakan hujan-hujan begini. Pas banget kalau dicocol saus atau dimakan dengan cabe rawit, bikin nagih!

Selamat mencoba resepnya yaaa…

Salam dari Glasgow yang tetap dingin di pertengahan musim semi

Resep Puding Jagung yang Lembut di Mulut

puding jagung

Ini adalah salah satu resep puding favorit saya, rasanya manis dan lembut di mulut. Nyummy banget untuk sajian dessert keluarga ataupun orang-orang tercinta.
Selain enak, pastilah puding jagung ini bergizi dan baik untuk pencernaan. Kandungan serat alami dalam jagung sangat baik untuk pencernaan kita. Selain itu, mengkonsumsi jagung juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah karena ia mengandung vitamin C, karotenoid dan bioflavanoid. Nah sip kan, selain nyummy rasanya, banyak manfaatnya pula.
Langsung saja yuk kita eksekusi resep puding jagung ini.

Bahan :

  1. 500 gr Jagung pipilan (di Glasgow, jagung pipilan ini sangat gampang didapatkan di supermarket seperti Tesco, Sainsbury ataupun Farmfoods)
  2. 165 ml santanย  atau menggunakan coconut powder yang tinggal diencerkan menjadi santan.
  3. Gula sesuai selera
  4. Sedikit garam untuk perasa
  5. ย 2 sendok teh tepung maizena (encerkan dengan air terlebih dahulu supaya tidak menggumpal)
  6. ย 1 bungkus agar-agar plain

Cara Membuat :

  1. Kukus jagung pipilan lalu blender dengan santan. Setelah itu saring hasil blenderan tersebut agar serat-serat jagungnya terpisah sehingga hasil pudingnya lembut.
  2. Siapkan panci untuk merebus adonan puding. Masukan bubuk agar-agar, hasil blenderan jagung yang sudah disaring, gula pasir sesuai selera dan sedikit garam. Kemudian setelah adonan berbuih,ย  masukan juga tepung maizena, lalu tambahkan adonan dengan setengah gelas air.
  3. Rebus hingga mendidih, kemudian tuangkan ke loyang/kotak atau kalau ada cetakan agar-agar untuk didinginkan dan dimasukan ke dalam kulkas.
  4. Setelah beberapa jam, puding jagung yang lembut, manis dan bergizi ini siap untuk disajikan.

Untuk mempercantik penampilan puding jagung ini, bisa ditambahkan pula potongan strawberry atau cherry di atasnya sebagai toping. Mudah bukan membuatnya? setelah mencoba resep ini, kalian pasti ketagihan untuk membuatnya lagi, nyummy sih ๐Ÿ™‚

Glasgow, 26 Mei 2015

Salam Kreasi

SiwiMars

Resep Corn Flakes Cookies yang Renyah di Lidah

cornflakes posting

Sejak sedari siang di lab sudah kepikiran ingin segera mengeksekusi resep cornflakes cookies ini. Saya iseng melihat resep cookies ini di blog keluarga cemara di link ini : http://keluargacemara.net/dapur/kue-kering/kue-cornflakes. Karena kelihatannya nggak ribet dan kayaknya enak, makanya saya tertarik untuk mencobanya.
Untuk resep corn flakes cookies ini, saya modifikasi sendiri dengan menambahkan tepung maizena, karena saya baca beberapa komentar di blog tersebut yang menyebutkan, kenapa cookies-nya rapuh? Nah, setelah saya lihat resepnya, hanya menggunakan terigu saja, sehingga saya iseng menambahkan tepung maizena agar lebih crunchy dan renyah di lidah.
Dan hasilnya ternyataa, yeaaah renyah di lidah dan super enak. Rasa cornflakes-nya yang renyah menyatu dengan adonan mentega-gula-tepung terigu dan maizena. Pas untuk teman minum teh atau minum kopi. Silahkan disimak resepnya yang super simpel ini.

Bahan :

400 gr mentega

200 gr gula pasir (saya menggunakan gula halus/icing sugar)

350 gr tepung terigu

50 gr tepung maizena

200 gr cornflakes (saya tidak menimbangnya, cukup dikira-kira hingga proporsi cornflakes dan adonan merata)

3 kuning telur

1 sdt vanili

PS : saya membuatnya setengah resep karena biasanya tidak membuatnya dalam jumlah banyak. setengah resep bisa menghasilkan satu toples cookies

Cara Membuat

1. Kocok mentega, gula pasir/gula halus, telur serta vanili menggunakan mixer dengan kecepatan sedang.

2. Kemudian tepung terigu dan maizena ke dalam adonan lalu campur sampai merata

3. Masukan cornflakes yang diremukkan dengan tangan ke dalam adonan kemudian aduk rata kembali

4. Siapkan alas pemanggang, alasi dengan kertas baking lalu cetak adonan dengan tangan (atau sendok-karena adonan relatif lengket). Untuk membentuk cookies seperti gambar di atas, saya membentuk adonan bulat gepeng menggunakan sendok. Adonan akan melebar seperti pada gambar setelah proses pemanggangan.

5. Panggang di oven sekitar 160 derajat celicius selama 20-25 menit, angkat cookies lalu dinginkan. Cookies akan crunchcy setelah didinginkan. Lalu masukkan ke dalam toples.

Nah super simpel kan resepnya? tidak membutuhkan banyak bahan, murah dan cepat membuatnya. Pas untuk menyajikan sajian camilan untuk orang tercinta.

Selamat mencoba

Salam Kreasi

SiwiMars

Tutorial Bros Bunga Rajut Cantik

bunga 5 petal kreasi mars

Bros bunga rajut yang cantik sangat populer sekarang ini untuk penghias jilbab/hijab. Rajutan menghadirkan kesan anggun dan elegan. Nah, walaupun bros rajut di Indonesia bisa dibeli dimana-mana dengan harga yang relatif terjangkau, tapi memakai hasil kreasimu sendiri tentu saja akan menghadirkan rasa yang spesial.
Iyup, kamu bisa membuat sendiri bros rajut cantik dengan pola sederhana dan juga gampang membuatnya. Nah kali ini saya akan berbagi tutorial membuat bros bunga rajut seperti gambar di atas. Gampang banget kok membuatnya, dan juga tidak membutuhkan waktu lama. Kalian bisa membuatnya di sela-sela aktivitas kalian.
Lalu bahan apa saja yang dibutuhkan :
Bahan :
1. Hook Crochet : untuk pola ini saya menggunakan 2 ukuran hook crochet, yakni ukuran 4.5 dan 2.5.
Kenapa memakai 2 ukuran? karena untuk model ini saya akan menumpuk dua bunga rajut dengan pola yang saa namun dengan ukuran yang berbeda. Maka dari itu saya memakai dua ukuran hook crochet. Setiap hook crochet menghasilkan ukuran rajutan yang berbeda. Kamu bisa mengganti ukuran hook crochet sesuai keinginanmu, tergantung seberapa besar bunga yang ingin dihasilkan.

2. Benang wool/yarn

Saya juga menggunakan dua benang wool dengan dua warna yang berbeda untuk menghasilkan dua buah bunga rajutan dan nantinya akan ditumpuk untuk menghasilkan bunga rajut yang manis.

3. Gunting

4. Aplikasi bunga

5. Lem tembak dan pin bros

6. Lingkaran kecil dari kain flanel

Nah setelah bahan-bahannya sudah siap, kini kita akan belajar bagaimana membentuk bunga 5 petal ini. Pola bunga 5 petal ini sangat sederhana.

Pola :

  1. Pertama buat 7 rantai, lalu kaitkan rantai ke 7 ke rantai pertama dengan slip stich untuk membentuk lingkaran, ini akan membentuk dasar petal bunganya
  2. Round 2, kita mulai membuat petal bunganya dengan cara membuat 4 rantai kemudian lakukan treble crochet 4 kali ke lingkaran yang kita buat tadi di langkah pertama.
  3. Kemudian setelah membuat 4 kali treble chochet, buat 4 rantai lalu slip stich ke lingkaran untuk mengakhiri satu petal. Langkah ini akan membuat satu buah petal bunga
  4. Lalu ulangi lagi membuat petal yang kedua dengan langkah yang sama. Buat hingga selesai 5 petal. Selagi merajut, rapikan sisi-sisi petal sehingga di akhir rajutan bunga yang terbentuk nampak rapi.
  5. Nah setelah selesai sampai 5 petal, jadilan bunga yang pertama (misalnya dibuat dengan hook ukuran 4.5). lalu buatlah lagi bunga rajut dengan pola yang sama tapi dibuat dengan hook ukuran 2.5. ini akan menghasilkan bunga yang lebih kecil ukurannya. Jadi akan nampak cantik bila ditumpuk dengan bunga yang pertama tadi.
  6. Setelah selesai kedua bunga. Kita akan merangkainya, caranya pertama gunakan lem tembak untuk melekatkan lingkaran bunga flanel ke bunga yang pertama (yang dibuat dengan ukuran hook 4.5). Saya lebih suka menggunakan flanel dengan warna yang senada dengan bunga yang dibuat, jadi terlihat serasi dan cantik. Kemudian, rekatkan aplikasi bunga dengan lem tembak untuk mempercantik bunga yang kedua. Lalu rekatkan bunga yang pertama dan yang kedua untuk menjadi sebuah rangkain bunga rajut yang cantik.
  7. Lalu langkah terakhir tinggal sematkan pin brosnya ke lingkaran kain flanel

Tadaaaa, jadilah bunga rajutan yang cantik walaupun sederhana. Gampang kan membuatnya? kalian bisa bereksperimen macam-macam dengan pola bunga 5 petal ini. Nanti di postingan selanjutnya, saya akan share juga kreasi-kreasi lainnya dari pola bunga 5 petal ini.

Oh ya kalian juga bisa mengikuti video tutorial dari HappyBerry Chrocher berikut ini untuk bunga 5 petal, dengan langkah langkah yang sangat gampang diikuti. Kalian bisa lihat di sini https://www.youtube.com/watch?v=dQeq7Hci_qU
Selamat mencoba dan selamat berkreasi dengan hati.

Salam kreasi

Siwi Mars-with love

Glasgow, 28 April 2015